jarak kail - timah bandul

Umpan, tehnik, report, tips dan trik mancing di sungai, danau, situ, dll

Moderator: Dimas

jarak kail - timah bandul

Unread postby julli martin » 24 Jan 2011, 21:52

maaf bwt pra mncing mania, mhon pncerahannya, mo nanya tknik mncing dsaran d sungai..
1. psisi kail lbh baik di bwah ato d atas timah bandul..? trus alasannya apa..?
2. sbnernya ada g sih jarak yg ideal antra kail dgn timah..?
srezzz...!!! ya mancing bae lah..
User avatar
julli martin
New Fellow
 
Posts: 3
Joined: 19 Jan 2011, 22:26
Real Name: yuli trianto

Re: jarak kail - timah bandul

Unread postby Dimas » 25 Jan 2011, 10:16

salam kenal bro Yuli Trianto
secara pastinya gak ada aturan yang mengacu harus seberapa jauh jarak kail dengan bandul untuk disungai, biasanya menyesuaikan lokasi dan dasaran sungai juga. saya coba jawab pertanyaan anda sesuai pengalaman saya.

1. Posisi Timah diatas mata kail umumnya dipakai untuk target ikan yang memiliki kumis sensitif untuk mencari makan didasar, juga jenis ikan yang mencari makan benar2 didasar. biasanya umpan yang efektif adalah udang atau cacing. dengan target ikan baung, keting, Lais Timah, Udang galah dll
sedangkan untuk posisi kail diatas timah digunakan untuk ikan jenis aktif yang suka hilir mudik menunggu umpan yang hanyut atau umpan yang berada antara tengah dan hampir permukaan air. bisa dikatakan semi pelagic :o , biasanya umpan bermacam2 dan targetnya bisa banyak

2. anda bisa menyesuaikan dengan karakter dan selera anda sendiri
mungkin yang dibawah saya bisa koreksi

Salam Wild
Wild Fishing Community
Fireblood 2500FA + Maguro X-Trail 6" MagLure Double Jointed
Antares DC + Relix Fearless Series 6" MagLure Minnow
Beli dan Support Karya Anak Bangsa
User avatar
Dimas
Wild Fish
Wild Fish
 
Posts: 517
Joined: 15 Jul 2008, 10:51
Location: Pontianak - Sintang
Real Name: Wild Fish
IFT Member No: 08007954

Re: jarak kail - timah bandul

Unread postby julli martin » 25 Jan 2011, 16:18

lam knal jg om dimas.. wah, tengkyu bgt ats info n sharing pnglmannya.. jd lbh tau trget n tjuan pmsangan kailnya, coz slma ni cm ikut2an doang.. ane taunya klo kail d atas jd g gmpang nyangkut.. hehe..
srezzz...!!! ya mancing bae lah..
User avatar
julli martin
New Fellow
 
Posts: 3
Joined: 19 Jan 2011, 22:26
Real Name: yuli trianto

Re: jarak kail - timah bandul

Unread postby Dimas » 26 Jan 2011, 13:10

hehehe masa iya pak gak gampang nyangkut? kalo ranting atau kayu yang ada didasar bentuknya tegak berdiri kan sama aja. malahan saya pake bandul dibawah kail diatas sering strike kantong plastik hanyut

sama2 pak, saya juga baru belajar dan masih perlu masukan juga, termasuk dari anda. semoga mau sharing kisah mancingnya.
Wild Fishing Community
Fireblood 2500FA + Maguro X-Trail 6" MagLure Double Jointed
Antares DC + Relix Fearless Series 6" MagLure Minnow
Beli dan Support Karya Anak Bangsa
User avatar
Dimas
Wild Fish
Wild Fish
 
Posts: 517
Joined: 15 Jul 2008, 10:51
Location: Pontianak - Sintang
Real Name: Wild Fish
IFT Member No: 08007954

Re: jarak kail - timah bandul

Unread postby msa798106 » 09 Feb 2011, 14:30

Dimas wrote:salam kenal bro Yuli Trianto
secara pastinya gak ada aturan yang mengacu harus seberapa jauh jarak kail dengan bandul untuk disungai, biasanya menyesuaikan lokasi dan dasaran sungai juga. saya coba jawab pertanyaan anda sesuai pengalaman saya.

1. Posisi Timah diatas mata kail umumnya dipakai untuk target ikan yang memiliki kumis sensitif untuk mencari makan didasar, juga jenis ikan yang mencari makan benar2 didasar. biasanya umpan yang efektif adalah udang atau cacing. dengan target ikan baung, keting, Lais Timah, Udang galah dll
sedangkan untuk posisi kail diatas timah digunakan untuk ikan jenis aktif yang suka hilir mudik menunggu umpan yang hanyut atau umpan yang berada antara tengah dan hampir permukaan air. bisa dikatakan semi pelagic :o , biasanya umpan bermacam2 dan targetnya bisa banyak

2. anda bisa menyesuaikan dengan karakter dan selera anda sendiri
mungkin yang dibawah saya bisa koreksi

Salam Wild

Wahhh...nice info nih mas dimas, thx ya...
msa798106
New Fellow
 
Posts: 3
Joined: 25 Apr 2010, 14:05
Real Name: Moel

Re: jarak kail - timah bandul

Unread postby Dimas » 12 Feb 2011, 13:50

msa798106 wrote:Wahhh...nice info nih mas dimas, thx ya...


sama2 bro
Wild Fishing Community
Fireblood 2500FA + Maguro X-Trail 6" MagLure Double Jointed
Antares DC + Relix Fearless Series 6" MagLure Minnow
Beli dan Support Karya Anak Bangsa
User avatar
Dimas
Wild Fish
Wild Fish
 
Posts: 517
Joined: 15 Jul 2008, 10:51
Location: Pontianak - Sintang
Real Name: Wild Fish
IFT Member No: 08007954


Return to Wild

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest