Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Tanya atau bantu pemancing lain dengan berbagi tips tehnik khusus untuk memancing Rabbitfish, Squid, dll

Moderator: Ichang

Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby Nusakambangan FC » 14 Dec 2010, 18:15

Selamat Sore toek para sesepuh moderator n sesepuh pemancing laut, khususnya pemancing tebing karang

saya ingin menanyakan bgmn cara memancing ikan GT yg paling tokcer kalau memakai umpan potongan ikan segar :? :help:

1. Umpan apa yg paling disukai GT?
2. Waktu / Jam2 apa ikan GT mulai makan?
3. Daerah / Lokasi favorit ikan GT berkumpul u/ mencari makan ( misal : pinggir pantai berpasir / berlumpur / berbatu) ?
4. Lebih Tokcer umpan Koncer, dasaran atau diatas permukaan air?

Terimakasih sebelumnya atas petunjuknya dari para mod n para sesepuh sekalian :) :)
User avatar
Nusakambangan FC
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 576
Images: 0
Joined: 06 Dec 2010, 01:29
Location: Jakarta Utara, Kebon Baroe Cilacap
Real Name: Teddy Sugiarto
IFT Member No: 11014819

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby fishing.biohazard » 14 Dec 2010, 19:45

Permisi om..

dulu sewaktu saya masih smp suka mancing dari tebing biasanya saya pakai lemuru atau cumi,di pakai utuh 1 ekor,1 line 2 mata kail.. Kail pertama dengan kail ke 2 berjarak 2 cm (kira2 ya om),tancepin di badan sama deket ekor terus gulung2 pakai benang,rangkaian diatas timah jarak kira2 2 telapak tangan dari timah,di tebing yang saya coba lokasinya berkarang dan ber arus, jika di pinggir pantai rangkaian sama umpan juga sama di lilit pakai benang juga,tapi untuk di pantai kita nyari "bulakan" istilah disini loh om,itu loh om daerah berpasir yang dikelilingi karang....

Dulu saya sering mancing pasiran atau tebingan di pantai barat "jimbaran,kedonganan,tegalwangi,geger dll.. dst.. dsb.. " maka hal yang paling tepat buat melakukan ritual sabet2an,pas pada waktu angin berhembus dari barat ketimur (berlawanan arah sama kita),itu dulu loh om sekarang saya pensiun kwkwkwkwkwkwkwkwkw.... Dan kayaknya sih begitu om.... Ampun ya om....
User avatar
fishing.biohazard
Deep Seas Sailor
Deep Seas Sailor
 
Posts: 967
Joined: 03 Mar 2010, 07:06
Location: Denpasar-Bali
Real Name: Yan Uye

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby otakasin » 15 Dec 2010, 22:08

Nusakambangan FC wrote:Selamat Sore toek para sesepuh moderator n sesepuh pemancing laut, khususnya pemancing tebing karang

saya ingin menanyakan bgmn cara memancing ikan GT yg paling tokcer kalau memakai umpan potongan ikan segar :? :help:

1. Umpan apa yg paling disukai GT?
2. Waktu / Jam2 apa ikan GT mulai makan?
3. Daerah / Lokasi favorit ikan GT berkumpul u/ mencari makan ( misal : pinggir pantai berpasir / berlumpur / berbatu) ?
4. Lebih Tokcer umpan Koncer, dasaran atau diatas permukaan air?

Terimakasih sebelumnya atas petunjuknya dari para mod n para sesepuh sekalian :) :)


semoga bisa menjawab yang ditanyakan mas:
1. Udang hidup adalah top bait nya GT kalau dipaksa pakai potongan ikan pakai saja lemuru/sisik yang belum kena air tawar apalagi kerendem air es walaupun itu tidak bisa mengalahkan udang hidup
2. Saat matahari mulai bersinar dan mulai tbenam
3. Struktur yang karangnya hidup
4. Tergantung dimana GT nya, kalau mereka didasar ya dasaran kalau ditengah air ya dikoncer kalau diatas ya diikuti aja dimana GT nya gitu hehehe.... Dasaran aja mas, pasti dihajar...walaupun kenyang mereka gak pernah nolak udang hidup kok mas...
otakasin
IFT Community
IFT Community
 
Posts: 642
Joined: 23 Jul 2008, 00:11
Real Name: ALIANDI

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby djembaman » 15 Dec 2010, 22:36

Nusakambangan FC wrote:Selamat Sore toek para sesepuh moderator n sesepuh pemancing laut, khususnya pemancing tebing karang

saya ingin menanyakan bgmn cara memancing ikan GT yg paling tokcer kalau memakai umpan potongan ikan segar :? :help:

1. Umpan apa yg paling disukai GT?
2. Waktu / Jam2 apa ikan GT mulai makan?
3. Daerah / Lokasi favorit ikan GT berkumpul u/ mencari makan ( misal : pinggir pantai berpasir / berlumpur / berbatu) ?
4. Lebih Tokcer umpan Koncer, dasaran atau diatas permukaan air?

Terimakasih sebelumnya atas petunjuknya dari para mod n para sesepuh sekalian :) :)


Nubie coba jawab:
1. Cumi hidup, Tembang hidup, Sarden hidup, tongkol hidup maupun cendro hidup pas dlu saya masih kecil Om sya mancing GT gede pakai Cendro hidup di koncer, klo di darah bali atau laut selatan biasa pakai fillet tembang dibuang sisiknya..

2.Matahari mulai Terbit, sore hari, kadang malam hari
3. size sedang2 di pantai berpasir n karang, klo size besar Karang2 besar tebing2
4.tergantung lokasi klo di tebing atau karang2 biasa di permukaan air bisa jg tengah air..
semoga bner ..wkakwakwak :agree:
DreamZ Team
Saltwater SportFishing Specialist




Ym: djemba_man2007@yahoo.com
FB: edy.chandra@live.com
Hp: 021-98693738
User avatar
djembaman
Depth Mentor
Depth Mentor
 
Posts: 1045
Joined: 05 Nov 2009, 01:09
Real Name: Edy Chandra

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby otakasin » 15 Dec 2010, 22:47

ia buener kok mas, pakai yang hidup hidup mereka suka kok hehehe....
otakasin
IFT Community
IFT Community
 
Posts: 642
Joined: 23 Jul 2008, 00:11
Real Name: ALIANDI

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby fishing.biohazard » 16 Dec 2010, 06:58

djembaman wrote:Nubie coba jawab:
1. Cumi hidup, Tembang hidup, Sarden hidup, tongkol hidup maupun cendro hidup pas dlu saya masih kecil Om sya mancing GT gede pakai Cendro hidup di koncer, klo di darah bali atau laut selatan biasa pakai fillet tembang dibuang sisiknya..

2.Matahari mulai Terbit, sore hari, kadang malam hari
3. size sedang2 di pantai berpasir n karang, klo size besar Karang2 besar tebing2
4.tergantung lokasi klo di tebing atau karang2 biasa di permukaan air bisa jg tengah air..
semoga bner ..wkakwakwak :agree:

kwkwkwkwkwkwkwkwkw..... umpan hidup paling ganas om bener itu aoorrggghhh.... Triiing... Dijamin joran melengkung..... Dulu ketika matahari mau terbit kadang 2-5 orang pemancing pasti jorannya melengkung samaan......., kadang jam 10 keatas udah mulai sepi.... (umpan macem2) Kalau sekarang jam berapa aja tetep sepi kwkwkwkwkwkwkwkwkw....... Beberapa hari yang lalu pancing saya lempar tancepin di pipa (pinggir pantai) terus makan, ngerokok, main fb, chatting, rebah2an di pasir, lg 1 jam cek umpan, lemurunya masih utuh.... Gak bisa ngomong kwkwkwkwkwkwkwkwkwkw.... Tobat om !!!!
Last edited by fishing.biohazard on 16 Dec 2010, 08:00, edited 1 time in total.
User avatar
fishing.biohazard
Deep Seas Sailor
Deep Seas Sailor
 
Posts: 967
Joined: 03 Mar 2010, 07:06
Location: Denpasar-Bali
Real Name: Yan Uye

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby fishing.biohazard » 16 Dec 2010, 07:03

otakasin wrote:ia buener kok mas, pakai yang hidup hidup mereka suka kok hehehe....

cacing juga ganas loh om kalo gak salah di jogja namanya lur kalau disini kulian.....
User avatar
fishing.biohazard
Deep Seas Sailor
Deep Seas Sailor
 
Posts: 967
Joined: 03 Mar 2010, 07:06
Location: Denpasar-Bali
Real Name: Yan Uye

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby otakasin » 16 Dec 2010, 08:16

kalau menurut saya pakai udang hidup pasti dimakan tanpa perlu menunggu mereka lapar.... Saya suka pakai lobster hidup ukuran sekilo 7 ekor..wah mantap tenan tapi kalau lagi gak musim ya pakai udang windu hidup atau udang putih yang berukuran 2jari.. Paling apes dimakan mungsing
otakasin
IFT Community
IFT Community
 
Posts: 642
Joined: 23 Jul 2008, 00:11
Real Name: ALIANDI

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby Nusakambangan FC » 17 Dec 2010, 11:54

otakasin wrote:kalau menurut saya pakai udang hidup pasti dimakan tanpa perlu menunggu mereka lapar.... Saya suka pakai lobster hidup ukuran sekilo 7 ekor..wah mantap tenan tapi kalau lagi gak musim ya pakai udang windu hidup atau udang putih yang berukuran 2jari.. Paling apes dimakan mungsing



Mungsing ikan apa yah Om Mod ??? Kalo Pake Udang Siapi-api hidup mau gak yah ???
R A N J A U IFT
Strike Till UDrop



085810968699
085813499737
Pin 24D7DC44
User avatar
Nusakambangan FC
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 576
Images: 0
Joined: 06 Dec 2010, 01:29
Location: Jakarta Utara, Kebon Baroe Cilacap
Real Name: Teddy Sugiarto
IFT Member No: 11014819

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby fanistevan » 17 Dec 2010, 18:16

ikutan nyimak .... :D
jadi kesimpulan-nya pake umpan hidup lebih efektif ya, udang hidupnya dikait di ekor ato diikat di tanduknya yah?
soalnya pernah liat nelayan mancing kapmer, udangnya diikat, bukan dikait ... nuhun .. :D
User avatar
fanistevan
Vicious Sailor
Vicious Sailor
 
Posts: 612
Joined: 14 May 2009, 15:50
Location: Ketapang - KALBAR
Real Name: Fani Stevanus
IFT Member No: 09009710

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby djembaman » 17 Dec 2010, 21:15

fishing.biohazard wrote:
djembaman wrote:Nubie coba jawab:
1. Cumi hidup, Tembang hidup, Sarden hidup, tongkol hidup maupun cendro hidup pas dlu saya masih kecil Om sya mancing GT gede pakai Cendro hidup di koncer, klo di darah bali atau laut selatan biasa pakai fillet tembang dibuang sisiknya..

2.Matahari mulai Terbit, sore hari, kadang malam hari
3. size sedang2 di pantai berpasir n karang, klo size besar Karang2 besar tebing2
4.tergantung lokasi klo di tebing atau karang2 biasa di permukaan air bisa jg tengah air..
semoga bner ..wkakwakwak :agree:

kwkwkwkwkwkwkwkwkw..... umpan hidup paling ganas om bener itu aoorrggghhh.... Triiing... Dijamin joran melengkung..... Dulu ketika matahari mau terbit kadang 2-5 orang pemancing pasti jorannya melengkung samaan......., kadang jam 10 keatas udah mulai sepi.... (umpan macem2) Kalau sekarang jam berapa aja tetep sepi kwkwkwkwkwkwkwkwkw....... Beberapa hari yang lalu pancing saya lempar tancepin di pipa (pinggir pantai) terus makan, ngerokok, main fb, chatting, rebah2an di pasir, lg 1 jam cek umpan, lemurunya masih utuh.... Gak bisa ngomong kwkwkwkwkwkwkwkwkwkw.... Tobat om !!!!


Ikan skrg da bosen sama umpan hidup x bro..sukanya sama maenan kayu n plastick.. :agree: :horney:
DreamZ Team
Saltwater SportFishing Specialist




Ym: djemba_man2007@yahoo.com
FB: edy.chandra@live.com
Hp: 021-98693738
User avatar
djembaman
Depth Mentor
Depth Mentor
 
Posts: 1045
Joined: 05 Nov 2009, 01:09
Real Name: Edy Chandra

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby otakasin » 17 Dec 2010, 21:21

@teddy: mestinya mau mas walau saya belum nyoba sih.... Eh mungsing itu hiu mas, disini ada istilah mungsing jaran dan mungsing tekek yaitu hiu putih dan hiu macan.. sering kelihatan waktu makan udang oleh penyelam penyelam lobster..
@fani: yang paling mudah ditancepin di ekor yang penting ujung mata kail mencuat atau dikepala asal jangan sampai matakail menembus hitam hitam dikepala supaya tidak mati. Kalau diikat terlalu lama sayang kalau lagi frenzy buang buang waktu.
Kalau umpan umpan irisan ikan akan dimakan saat GT lapar tapi kalau umpan udang hidup mereka tetap tergoda
otakasin
IFT Community
IFT Community
 
Posts: 642
Joined: 23 Jul 2008, 00:11
Real Name: ALIANDI

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby MLENGKUNGZ » 17 Dec 2010, 22:20

Pada dasarnya ikan gt itu rakus koq om. karna mereka bukan hanya lapar namun juga menjaga daerah teritorial/kekuasaannya, jadi menurut saya klo mo cari yang jumbo dengan apapun sebenarnya bisa om. Namun untuk yang ukuran tabble size/kecil mereka agak opurtunis dalam menentukan menunya, biasanya sih makan cumi potong kalau di p1000....
sekian penjelasan dari newbie ini.
Give me a ROD, REEL, LINE and HOOK. Then let me doing my work
Mancing itu
╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝
Visit My FB page
http://www.facebook.com/urfan.putra
User avatar
MLENGKUNGZ
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 576
Joined: 02 Sep 2010, 13:42
Location: in the megapolitan, Jakarta city
Real Name: Urfan Panji Putra
IFT Member No: 10012734

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby kuto » 14 Apr 2011, 18:50

izin nyimak
kuto
Fishing Fellow
Fishing Fellow
 
Posts: 53
Joined: 14 Apr 2011, 17:22
Location: Serang - Banten
Real Name: Edwar Kesnal

Re: Tanya cara mancing GT memakai umpan potongan ikan

Unread postby Nusakambangan FC » 14 Apr 2011, 21:34

otakasin wrote:@teddy: mestinya mau mas walau saya belum nyoba sih.... Eh mungsing itu hiu mas, disini ada istilah mungsing jaran dan mungsing tekek yaitu hiu putih dan hiu macan.. sering kelihatan waktu makan udang oleh penyelam penyelam lobster..
@fani: yang paling mudah ditancepin di ekor yang penting ujung mata kail mencuat atau dikepala asal jangan sampai matakail menembus hitam hitam dikepala supaya tidak mati. Kalau diikat terlalu lama sayang kalau lagi frenzy buang buang waktu.
Kalau umpan umpan irisan ikan akan dimakan saat GT lapar tapi kalau umpan udang hidup mereka tetap tergoda


Wew... :o Hiu.......??? aka Cucut....??? ada hiu putihnya juga di Bali ?? ngerii.... :shock:
R A N J A U IFT
Strike Till UDrop



085810968699
085813499737
Pin 24D7DC44
User avatar
Nusakambangan FC
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 576
Images: 0
Joined: 06 Dec 2010, 01:29
Location: Jakarta Utara, Kebon Baroe Cilacap
Real Name: Teddy Sugiarto
IFT Member No: 11014819


Return to Tips and Tricks

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

cron