Umpan top mancing mujaer nila

Tempat mendiskusikan mancing di alam liar, empang galatama, harian dan borongan.

Moderator: Dimas

Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Rudy » 24 Mar 2011, 09:48

Suhu dan agan serta om yang high level mohon wejangan ato saran juga masukan dan ilmunya. :agree:
Pertanyaan :
1. Umpan yang tokcer untuk mancing mujaer nila biar dapat yg big pake apa ya,kondisi mancing di kawasan puncak yang nota bene dingin suhu airnya.disana sih d saranin lumut,just info di atas kolam ikannya ada kandang ayam dan bebek,ikan juga campur ikan mas lele juga bawal
2.Bisa ga pancing ikan mujaer nila ini pake umpan buatan seperti minnow ato popper,he...ga ngerti nih ginian saya mah.
3.kalo bisa caranya gimana ya mancing pake umpan ini,kedalaman air +/- 1meter,dasar air tanah berbatu,kolam coran semen
Terima kasih untuk saran n ilmunya,maaf basa basi kepanjangan dan jayus he..he... :P :carenloving:
Mancing d empang ato laut sama enak sama seru yang penting judulnya MANCING
User avatar
Rudy
Depth Mentor
Depth Mentor
 
Posts: 1299
Images: 0
Joined: 15 Mar 2011, 12:01
Real Name: Nicholaus

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Ant_Z » 24 Mar 2011, 10:55

1. Kalo nila preffer ke lumut om...kalo lumut kaku,kasi garam dikit biar agak lemes...
2. belom pernah coba...tapi pernah Browsing itu bisa pake minow...
Ant_Z
New Fellow
 
Posts: 1
Joined: 08 Mar 2011, 17:00
Real Name: anggoro

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby gentur_blacklotus » 24 Mar 2011, 18:43

Pake lumut tapi yang harus di ketahui adalah lobang/sarang mujaernya oms pasti di jamin yang naek gede2 ... cuma pengetahuan mengenai lobang mujaer harus bener2 mengerti
+++ Mbah Biang Susu +++

BE-Best IFT
Bekasi Batafia east side community IFT
** Team yang Solid **

= 0888 190 12 17 =

BERTEMAN DENGAN SIAPA AJA >> MANCING DENGAN TEKNIK APA AJA >> ITULAH ARTI SEBENARNYA DALAM MEMANCING
User avatar
gentur_blacklotus
Wind Commander
Wind Commander
 
Posts: 2126
Joined: 16 Aug 2008, 22:41
Location: Jakarta,Pondok Gede
Real Name: Maruhum Gentur
IFT Member No: 06004705

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby hiswardhani » 25 Mar 2011, 08:30

pake umpan sejuta umat om ; CACING
hehehe
hiswardhani
New Fellow
 
Posts: 34
Joined: 23 Mar 2011, 12:17
Real Name: Pungky Dwiasmoro

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Rudy » 25 Mar 2011, 10:10

Ga mempan om,cacing,pelet semua uda pake,lumut kadang mau kadang ngga,untuk cari lobang sarang gimana ya,pake pelampung ato dasaran pemberat om,makais jawabannya sangat membantu.moga ada yang bisa memuaskan hati saat praktek. :agree:
Mancing d empang ato laut sama enak sama seru yang penting judulnya MANCING
User avatar
Rudy
Depth Mentor
Depth Mentor
 
Posts: 1299
Images: 0
Joined: 15 Mar 2011, 12:01
Real Name: Nicholaus

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby hiswardhani » 25 Mar 2011, 10:45

kopas dari blog kyai magelang...mohon ijin kyai & suhu yg nulis (kali aja ikut ngintip)
====
"Mancing Lobang adalah istilah mancing ikan mujair tepat di domain-nya. Mujair atau Nila dewasa terbiasa membuat sarang berupa lobang di dasar empang, yang gunanya untuk perkawinan dan memijah. Sarang ini oleh si jantan selalu dibersihkan dari segala kotoran dengan cara menggoser-goser badannya guna menyingkirkan kotoran, akibat sering di bersihkan tempat-nya otomatis menjadi lebih dalam dari sekitarnya. Inilah yg di sebut lobang.
Cara mancing, mencari terlebih dulu lobang-lobang tersebut di perairan yang dihuni oleh mujair/nila. Untungnya ikan ini lebih memilih daerah tepian yang agak dangkal dengan kerimbunan tanaman air.
Joran yang dipakai joran tegeg tanpa ril dan kenur sepanjang joran saja. dengan rangkaian seperti mancing ikan mas ber-pelampung, model pelampung boleh bulat atau model bulu dengan pemberat sebesar kedele. Mata kail rangkai 2 atau 3. Kalau bisa cari mata kail model jangkar payung spt yg dipakai pemancing baronang. Atau cari yang dibuat khusus untuk mancing lobang, dulu banyak dijual di tirtaloka pluit yg sekarang jadi mega mall, rangkai kail khusus ini bisa dibuat sendiri, dengan sbb:
-Ikat pancing ukuran besar no 5 atau 6 menggunakan kenur yg sangat kaku. Bikin 4 ikatan. +-20cm
-cari pemberat berlubang model bulat atau kerucut seukuran bemper Galatama.
-buat keratan berbentuk X atau + pada satu sisi pemberat, untuk kerucut buat di bagian bawah. dan lubang timah adalah pusat keratan dan perlu diperbesar.
-masukkan kenur pengikat kail pada lubang, buat panjang kenur dr mata kail ke timah menjadi max 5 cm saja dan simpulkan pada kili-kili
-masing-masing kenur pengikat masukkan pada jalur keratan tadi dan pepatkan pakai tang atau di ketok spy arah ikatan pancing tetap keluar dan mata pancing mengarah ke atas membentuk jangkar 4 mata
Mancing lubang tidak memerlukan umpan. Mula2 setel pelampung sepanjang kedalaman rata-rata. tenggelamkan secara perlahan ke perairan. Lihat posisi pelampungnya, pindahkan ke kanan atau kiri atau mendekat, perhatikan bila pelampung tiba-tiba tenggelam lebih dalam. bila lubangnya berpenghuni, maka si mujair akan berusaha menyingkirkan rangkai kail yang memasuki sarangnya hal ini membuat pelampung bergerak-gerak dan tinggal kecermatan pemancing dalam menggentak jorannya.
Mudah-mudahan membantu yah...."
=========
hiswardhani
New Fellow
 
Posts: 34
Joined: 23 Mar 2011, 12:17
Real Name: Pungky Dwiasmoro

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby roman_empire » 25 Mar 2011, 10:48

ini mancingnya di kolem om? salah kamar dong nih :mrgreen:
Rudy wrote:Ga mempan om,cacing,pelet semua uda pake,lumut kadang mau kadang ngga

Rudy wrote:kondisi mancing di kawasan puncak yang nota bene dingin suhu airnya.disana sih d saranin lumut,just info di atas kolam ikannya ada kandang ayam dan bebek,ikan juga campur ikan mas lele juga bawal

udh coba dibom/taburin dlu makanan sprti yg dimakan pnghuni kandang di atasnya om?biar ngumpul dlu :mrgreen: ...abis konsep kolam tumpangsari gitu stau nubi biasanya u/ ngirit pakan krn ikan jd trbiasa makan sisa ato kotoran dari kandang...yg repot sih kalo tumpangsarinya sama toilet/wc :throwup: :lol:
happiness is when you're not wanting to be somewhere else, doing something else, or becoming someone else
User avatar
roman_empire
IFT Community
IFT Community
 
Posts: 2902
Joined: 08 Jul 2008, 11:56
Real Name: rief

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Nda-Poenya » 28 Mar 2011, 11:53

Rudy wrote:Ga mempan om,cacing,pelet semua uda pake,lumut kadang mau kadang ngga,untuk cari lobang sarang gimana ya,pake pelampung ato dasaran pemberat om,makais jawabannya sangat membantu.moga ada yang bisa memuaskan hati saat praktek. :agree:


klo mancing nila sih umpan yg paling bagus ya lumut, biasanya yg makan babon2,
klo pake cacing atau pelet biasanya yg makan nila kecil.
MAsalah rangkaian mancing lobang, kayak mancing pelampungan biasa aja,
klo dari atas.
1. Stoper
2.Pelampung
3. Stoper untuk nahan pelampung supaya gak turun kebawah
4. stoper untuk menahan timah.
5. Timah seukuran galatamaan.
6.Peniti.
7.Rangkaian pancing 2 kail atau lebih. klo gak mau repot beli aja rangkaian buat mancing ikan mas.

Klo mancing lubang kuncinya cuma ada 2
1.Pelampung yg tinggi fungsinya untuk mengetahui kedalaman air.
2.Streofoam, fungsinya untuk membuat kotoran disarang nila, kenapa dipakai strefoam, karena warnanya putih gampang terliat sama nila.Strefoam ini ditancapkan kekail.
Caranya kita lempar aja sejauh, mungkin selama masih terliat ye....
tarik pelan2, klo tiba2 pelampung turun diamkan sebentar, tunggu ada pergerakan, klo gerak langsung gentak, jangan sampai telat, karena nila cuma mindahin strefoam aja.CMIIW ye.... :D
Composition:
Fishing 50%,Cigarette 234 20%, Black coffe 20%, Heavy metal 9%, Etc 1%.
-021-95018428
User avatar
Nda-Poenya
New Fellow
 
Posts: 24
Joined: 31 Oct 2009, 23:19
Location: di Rawa-rawa lagi mancing ikan sepat, cupang rawa,betok, julung2,lopis, tawes,sesekali gabus.
Real Name: Indra

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Nusakambangan FC » 28 Mar 2011, 14:48

Salam strike Omm..........bener bngt tuch kata si om Roman, dicobain dulu di bom pake pakan ayam, soalnya ntu ikan di kolam dah kebiasaan mkn jatuhan pakan ternak dari kandang diatasnya n jg kotoran ternak diatasnya, n jg klo kolamnya ntu kolam beton mah gk bisa buat praktek mancing lobang, kan beton keras om...... :mrgreen: , jadi mana mgkin ntu ikan bikin lobang di beton ?? serem dunk klo bisa? wkwkwk........giginya ky apa yah ???? :roll: , n juga klo pake lumut dicoba lumutnya dikasih garem dikit biar lemes, trus klo pake lumut gk usah pake timah or pemberat biar lumutnya gk tenggelem, setel aja jarak dari mata kail ke pelampung -+ 15 cm( sejengkal ), selamat mencoba om....... :listenmusic:
R A N J A U IFT
Strike Till UDrop



085810968699
085813499737
Pin 24D7DC44
User avatar
Nusakambangan FC
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 576
Images: 0
Joined: 06 Dec 2010, 01:29
Location: Jakarta Utara, Kebon Baroe Cilacap
Real Name: Teddy Sugiarto
IFT Member No: 11014819

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Rudy » 29 Mar 2011, 11:32

Saya juga ogah kalo ikannya bisa bikin lobang di beton hehe..,maaf om nanya gimana cara lempar kalo ga pake timah ya,sering copot lumutnya kalo di lempar jadi saya ikat benang cuma cape ikatnya n bawa benangnya
Trims before,salam strike.
Mancing d empang ato laut sama enak sama seru yang penting judulnya MANCING
User avatar
Rudy
Depth Mentor
Depth Mentor
 
Posts: 1299
Images: 0
Joined: 15 Mar 2011, 12:01
Real Name: Nicholaus

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby bezho19 » 09 Dec 2011, 23:17

yoi saya setuju deh kalo mancing jaer, cuma mancing sarang(lobang) yang top.

kalo dari ane, cukup sering juga mancing2 jaer di cipondoh. Ane biasanya mancing jaer juga liat2 situasi (cuaca). kalo mau mancing jaer lubang yg bagus adalah cuaca panas.
kalo pengen dapet yg babonnya trik ane gini :
Cara rangkainya sama seperti pendapat2 diatas.
cuma kalo ane pake timah bulat yg cukup besar & pelampung yang paaaanjang. Pake joran real (karena ada juga lobang yg agak ditengah2). Kenapa timahnya besar ? Jaer babon untuk membersihkan kotoran dilubang pertama dia cuma kibas2 badannya, kalo timah kecil terkadang terbawa dgn kibasannya. kalo timahnya besar, mau ga mau si jaer akan menggigit umpan (dari styrofoam) itu keluar lobang...nah gentak deh...

ada satu lagi cara-nya mancing jaer yg ukuran sedang yaitu dengan pancing rawai ( dalam satu rangkai ada minimal 5 kail ukuran kecil dengan umpan katembat yg dipotong2 kecil2 dimasikan dalam kail). Cara mancingnya kasih timah kecil saja di ujungnya dan pelampung kecil dan panjang. lemparnya ga usah terlalu jauh...dan dikasih umpan menir/beras/bom pelet ke tempat spot yg dilmpar...pelampung gerak2..gentak aje, terkadang kena badanya... :lol: :lol:
bezho19
New Fellow
 
Posts: 1
Joined: 09 Dec 2011, 22:54
Real Name: bezho

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby atung » 10 Dec 2011, 08:35

ah ikut nyimak aja y om.. :P
Jangan Gara-gara Pekerjaan..Mancing jadi Terlantar
atung
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 436
Joined: 29 Oct 2011, 16:52
Location: Tangerang
Real Name: catur aryadi
IFT Member No: 10013219

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby Jhon UDY » 13 Dec 2011, 07:45

Untuk yg monster2.. Klw pake lumut mental...!! coba yg satu ini om...pake udang kolam kecil2 putih biasanya dia ngumpul di rumput2 pinggir kolam... kasih yg masih segar..cangolkan aja dari ekor sampai kepala, pasti strike...!!!! :toast: :toast:
Fishing it's War
User avatar
Jhon UDY
Certified Angler
Certified Angler
 
Posts: 347
Joined: 24 Mar 2010, 06:40
Location: Surabaya - Pekanbaru
Real Name: Udy
IFT Member No: 10011301

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby monk » 15 Dec 2011, 15:06

Coba pake popper om, dijamin ............ :horney:
RANJAU_IFT
User avatar
monk
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 589
Joined: 30 Mar 2011, 19:06
Real Name: tony
IFT Member No: 10013503

Re: Umpan top mancing mujaer nila

Unread postby atung » 15 Dec 2011, 16:03

monk wrote:Coba pake popper om, dijamin ............ :horney:

d jamin knp oom.. :roll: :?
Jangan Gara-gara Pekerjaan..Mancing jadi Terlantar
atung
High Seas Sailor
High Seas Sailor
 
Posts: 436
Joined: 29 Oct 2011, 16:52
Location: Tangerang
Real Name: catur aryadi
IFT Member No: 10013219

Next

Return to Freshwater Spot

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests